Tags

, , , , , , ,

Saya baru menikmati kopi pagi saya ketika Mister Wasis ujug-ujug sudah jumeneng siap di depan saya. “Nuwun sewu Ndoro. Maaf mengganggu. Kawulo mau lapor.”

“Oh iya.. Gimana..gimana.. ?” Saya hentikan sebentar seruputan Kopi Viella Parahyangan saya pagi ini. Kalau Mister Wasis sudah madep jumeneng begini biasanya ada sesuatu yang levelnya sudah krisis yang perlu saya cermati pula.

“Jadi begini Ndoro, karena labilisasi tempe dan tahu di pasar Kolombo sudah mencapai tahap kronis. Maka harmonisasi kemakmuran di meja makan terpaksa harus diganti. Sarapan pagi ini terpaksa harus mengkaderisasi tempe tahu dengan gereh.”

“Heh ? Kowe kie ngomong cara mana je ? Kok aneh betul logatnya ?” Saya mendadak jadi bingung dengan cara ngomong Mister Wasis yang ajaib betul pagi ini.

“Eh aneh gimana Ndoro ? Ndak aneh ah Ndoro?  Niki lak mawi cara ngomonge para intelek terbaru toh Ndoro ? La wong saya aja nonton di yutup itu je. Ini lak cara ngomonge mase calon bojone Mbak Saskia. Penyanyi ndangdut sek ayu banget tur ngetop niku loh Ndoro… Lak mesti intelek ya Ndoro ?” Mister Wasis malah bingung ketika saya juga bingung. La nek sek ngomong saja bingung, apalagi saya sek kebagian mendengarkan. Jebul Mister Wasis ini sedang ketularan virus Vicky Prasetyo yang sedang menular dengan ganasnya di media beberapa hari ini.

Owalaahh.. sek Mase ngganteng banget kae ? Sek jas-jasan kinclong pas di wawancara kae ? Ah nyak… Ngarang wae kowe. Si Vicky Prasetyo kae cara ngomonge dudu cara intelek. Nek kae malah mung ndagel. Jelas bukan intelek babar blas. Wong ngawur semua tata bahasa Indonesiane. Kuwi nek Mister JS. Badudu nganti ngerungokne si Vicky Prasetyo ngomong coro ngono kuwi, iso nangis getih mesti.”

Kowe kok iso-isone niru kie kepriye ? Wis jiaann..” Saya gedeg-gedeg setelah mengetahui asal muasal mengapa Mister Wasis ujug-ujug jadi ajaib begini tata bahasanya. Padahal rumangsa saya, saya ndak pernah ngajari sek beginian je.

“Heloh bukan mawi cara ngomonge intelek toh Ndoro ? La kondang je itu di yutup. Sek nonton saja sudah yutonan je Ndoro ? Ealaaahh.. salah toh saya ?”

Ha ya jelas salah. Ha kok bisa menurutmu cara ngomong e Kangmas Vicky itu mawi cara ngomonge intelek ?” Ini mesti ada kesalahan persepsi yang kronis. Yang begini ini perlu digenahke dan diluruskan segera sebelum membesar dan makin parah. Dampak sistemiknya terancam terlalu berat buat Kitchen Cabinet saya.

“La kan carane ngomong itu banyak pakai istilah ndakik-ndakik toh Ndoro ? Wangun gitu didengarkannya. Persis kayak mawi cara ngomongnya Mister Wan Abud sek koleganya Ndoro sek anggota DPR itu toh Ndoro ? Ndakik-ndakik istilahnya. Angil-angil.. Marahi nggumun..

“Ealaahhh.. Kowe lak wong Jowo toh ? Lak yo reti nek wong Jowo kuwi ojo gumunan, ojo kagetan lan ojo dumeh. Kowe kok mung ngono wae njuk gumun toh Sis ? Cuma karena pakai istilah sek ndakik-ndakik wae wis nggumun. Mbok ojo gumunan ah.. Saru.. Nek isih gumunan ngono brati statusifikasimu isih inlander.”

“Statusifikasi inlander niku nopo Ndoro ?”

“Iku corone Vicky nek ngunekne sek koyo kowe kuwi. Ndeso. Ha ya koyo kowe kuwi nek isih gumunan.” Sebagai Ndoro, saya kok ya agak ndak terima kalo mental Prime Minister Kitchen Cabinet saya masih tahap Inlander. Njuk apa gunanya saya jejeli koran dan majalah terkemuka setiap hari kalau mentalnya masih mental Inlander. Dimana proses belajar dan terbuka matanya ?

“Hahahaha.. Ndoro jebul ketularan…

“Hush..hush.. Iki dudu ketularan. Aku mung nduduhke sek salah kuwi koyo ngono. Ngawur wae ketularan. Mengko tak katerisasi oralmu loh”

“Nopo meneh niku Ndoro ? Kok sangsoyo ndakik-ndakik toh?” Mister Wasis kukur-kukur pecinya yang saya yakin ndak gatelen.

Artine tak tetaki lambemu nek isih crigis. Gelem ora ?”

“HHmmmpphh.. Ampun Ndoro.. Mboten wantun melih. Mawi coro biasa mawon.. Ampuuunnn..” Mister Wasis langsung mak klakep. Nutupi bibirnya dan kabur ke belakang…

Ealah.. jaman segini kok ya masih ada saja nasib warga negara kita yang mudah ditipu oleh kata-kata ndakik-ndakik ya? Pantes saja nek banyak rakyat kita sek masih banyak terkibuli oleh janji-janji muluknya para politikus. Beda antara nggumun dan kapusan memang tipis adanya. Sepertinya cita-cita para Bapak Bangsa untuk mencerdaskan kehidupan bangsa masih agak jauh bolehnya jalannya. Duh Gusti… mari kita sama-sama berdoa.. Semoga kita bisa bergandengan tangan untuk menjalankan amanah kemerdekaan. Menuju Indonesia makmur setara. Aammiinn..