Tags

, ,

Biasanya periode sehabis sholat Maghrib itu ya diisi dengan nonton tipi. Saya lendetan di kursi males kesayangan saya sambil mbaca koran sore. Dan Mister Wasis akan sibuk mejet-mejet remote control tipi. Tapi kok periode habis Maghrib kali ini rasanya ada yang aneh ya ? Mister Wasis tidak sedang mejet-mejet remote tipi. Malah rengeng-rengeng saya dengar Mister Wasis sedang menyanyikan Shalawat Tanpa Watonnya Gusdur di ruang Musholla belakang.

Akeh kang apal Quran haditse. Seneng ngafirke marang liyane. Kafire dewe dak digatekke. Yen isih kotor ati akale.” “Gampang kabujuk nafsu angkoro. Ing pepaese gebyare ndunyo. Iri lan meri sugihe tonggo. Mulo atine peteng lan nistho”

Duh.. kok tumben-tumbenan ini Mister Wasis kumat insyafnya. Gek-gek dia dapat Lailatul Qadr pas bulan Poso kemarin. Waduh.. bisa repot juga kalo nanti dia tiba-tiba minta berhenti karena mau jadi ustad seperti yang sering nongol di tipi. Bisa-bisa saya kehilangan Prime Minister Kitchen Cabinet ini.

Saya segera tengok di ruang musholla. Mister Wasis tampak sangat anteng menyenandungkan shalawat. Auranya berbeda sekali dari biasanya yang sok sembrono. Tak ingin mengganggu, akhirnya saya mindik-mindik menjauh. Eh la kok jebulnya Mister Wasis ya ngerasa kalo saya dekati.

“Eh pripun Ndoro ? Sudah mau maem nggih ? Sebentar ya, saya siapkan.”

“Eh ndak..ndak.. Nanti saja. Belum laper kok.” Saya jadi rikuh sendiri. “Saya cuma rada kaget saja. Kok ndingaren kowe ujug-ujug nyalawat ? Ada apa jeh ?” Saya njuk ikutan ndeprok di lantai musholla.

“Hehehe.. Ndak papa Ndoro. Cuma kelingan saja. Dulu di desa lak saya kerep diajaki shalawatan seperti ini. Pas lagi kelingan saja. Terus ndilalah e tadi pagi saya baca koran. Itu loh Ndoro, sek ormas ribut-ribut di Lamongan. Sek senengane mbawa-mbawa pentung, nggusah-nggusah orang. Sek ndak terima njuk dikruyuk rame-rame. Lak yo nrenyuhake tenan ya Ndoro. Mosok iya Islam ngajari sek begitu. Mosok iya Kanjeng Nabi ngajarke sek kasar-kasaran begitu.” Mister Wasis tampak prihatin betul bolehnya ndremimil.

“Ha nek sak retiku kok ndak ya ? Kanjeng Nabi itu lak alus buanget toh ? Wong musuhnya saja di sayang loh. Ndak pernah menjep nek dilarani atine. Nek dikasari malah ndongakne. Mosok ya menungso se alus Kanjeng Nabi njuk ngajari pentung-pentungan ?” Saya kok jadi ikut prihatin juga mendengar Mister Wasis ndremimil.

“Eh Ndoro. Nek Kanjeng Nabi itu alus e ora njamak, gek-gek Kanjeng Nabi itu wong Jowo ya ?”

“Heh ? Kok bisa kowe ngomong gitu ? Ngarang wae. Silsilahnya Kanjeng Nabi itu kan jelas. Bapakne saja Arab. Ibune juga Arab. Kok iso ujug-ujug Kanjeng Nabi jadi Jowo ? Dasare kepriye ?” Terkadang memang konklusi Mister Wasis ini waton-sewaton-watonnya. Yang begini ini yang bikin menggelitik untuk diketahui premisnya.

Ha gini Ndoro. Wong Arab itu lak tabiate rata-rata atos ora jamak. Ha buktine, itu TKW-TKW sek digebuki sampe babak bundhas kan banyak Ndoro. Naa.. nek tabiate wong Arab itu atos, kok bisa Kanjeng Nabi itu alus e ora ilok-ilok ? Alus e rak mirip priyayi Jowo toh Ndoro ? Mlipis betul gitu. Ho oh toh Ndoro ?”

“Heyeh. Kowe kok dadi Chauvinis bin Javasentris ? Kanjeng Nabi itu cen tabiat e alus mergo sudah disiapkan jadi Nabi akhir jaman. Dudu mergo beliau itu wong Jowo. Nyak.. ngawur kowe..” Mister Wasis cuma klecam-klecem saja ketika saya sanggah.

Tapi tetep saja, konklusi Mister Wasis ini kok ya terngiang-ngiang di benak saya. Terbayang nek Kanjeng Nabi pake surjan dan kupluk kok rasanya ya adem juga. Njuk nanti panggilan beliau akan jadi Kanjeng Gusti Ndoro Nabi ? Weleh.. saya kok jadi ngawur juga ini. Ketularan Mister Wasis ini. Duh…

Nas..Nas.. Wis saya ngelih sekarang. Ayo siapke makan malem. Saya mau maem dulu.” Demi menjaga keharmonisan pikiran, saya cukupkan ngelanturnya Mister Wasis sampai sekian dulu. Semoga tidak kebablasan ngawurnya.