Tags

, , , , , , ,

“Ndoro.. Monorail itu apa toh ?”

Pagi-pagi ini Mister Wasis udah ngecipris mengkonfirmasi berita baru. Maklum, semenjak bulan puasa, sarapan korannya Mister Wasis jadi semakin pagi. Biasanya Mister Wasis membaca koran setelah saya berangkat ke kampus, mulai puasa ini ya sebelum saya ngampus pun sudah berantakan koran saya. Koran di lantai masih pating slebar dioker-oker Mister Wasis. Kebiasaan membacanya Mister Wasis ini memang rada saru. Tapi tak apalah, sek penting orang kepercayaan ini selalu terupdate dengan berita terbaru.

“Ooo.. Monorail itu kereta.” Saya sambil nyepakke naskah presentasi kuliah buat nanti. Ada beberapa slide yang masih harus di revisi keupdatean statusnya.

“Owalah.. Kereta tok toh ? Cuma kereta saja kok sampe bikin heboh Jakarta. Wong Jakarta kie ya sok aneh-aneh ya Ndoro ? Mbahas kereta saja sampe lama betul. Bertahun-tahun. La itu kereta di Stasiun Tugu sama Lempuyangan saja banyaknya pirang-pirang ndak pake mbingungi. ” Mister Wasis masih membaca artikel di koran yang tetep brutal pating slebarnya itu.

“Weits.. Ndak pas kali ini analisamu Sis.”  Saya mandeg mengedit slide. Saya bantah premis dan analisanya kali ini. Tumben analisa Perdana Menteri Kitchen Cabinet saya kurang titis. Sepertinya ada yang ndak pas ini..

“Ndak pas pripun Ndoro ?” Mister Wasis mulai membereskan koran yang disebar-sebarnya.

“Kereta api itu mode transportasi tua tapi paling efektif nek mau ngangkut orang banyak dalam waktu singkat. Asal ada jalur relnya. Coba kamu baca cerita-cerita kereta di Eropah sana. Keretanya apik-apik, alus, buanter, tepat waktu tur wangi. Coba bayangkan, nek kamu mau pulang ke Srandakan sana. Dari Stasiun Tugu tinggal naek kereta. Duduk manis ngombe teh anget. Ujuk-ujuk udah sampe Srandakan. Ndak pakai macet. Ndak pake kepanasen. Lak enak tenan.”

“Nah.. Monorail e Jakarta itu malah luwih apik meneh. Nek retimu sek jeneng e Kereta itu lak mung nggremet nang rel toh ? La Monorailnya Jakarta ini rencananya mau digantung je.”

“Weh.. digantung gimana Ndoro ? Teneh njempalik.” Mister Wasis sejenak berhenti membaca koran di depannya. Mulai serius menyimak.

“Heyeh.. mbok itu dilihat gambarnya di halaman Kompak walikannya. Ada gambar e toh nek Monorailnya Jakarta itu nggantung pake tiang duwur-duwur. Jadi nanti di bawahnya ada jalanan buat mobil, di atasnya ada monorail. Lak elok tenan kuwi nanti jadinya. Wangun toh ?”

“Wuih.. Bener..bener..sangar ya gambare Ndoro. Jebul pancen apik Monorail itu ya ? La trus monorail itu kapan ke Jogjanya Ndoro ?”

“Wooo.. nek sek itu ya kudu nanya Sinuwun dulu nek itu. Memang menurutmu perlu po Jogja punya monorail.”

“Ha ya perlu juga Ndoro. La wong sekarang Jogja sudah penuh montor dan mobil. Mesakne pit, becak sama andong nek harus rebutan dalan sama montor dan mobil. Wis panas, diklaksoni terus, di entuti kenalpot sisan.. Wis mesakne tenan Ndoro. Nek ada Monorail itu lak nanti sek numpak montor sama mobil bisa pindah ke monorail. Sek mau klinang-klinong numpak pit, becak dan andong lak jadi lebih mat. Lebih trep gitu suasananya. Resik udaranya. Lak begitu toh Ndoro ?”

“Hehehe.. nek kali ini bener analisamu. Wis ya, aku tak mangkat kampus dulu. Commando sudah mbok panasi toh ? Nanti sore bojomu, mau mangsak opo nggo buko ?” Saya bersiap-siap berangkat. Nyangking tas kulit berlogo kampus tercinta.

“86! Commando sudah siap Ndoro! Nanti sore mau mangsak oseng-oseng pare pedes sama tempe mendoan. Ndoro mau mbatalke pake teh nopo es stroop TBH ?” Mister Wasis dengan sigap membawakan tas saya menuju teras carportnya Commando.

“Ya wis, stroop TBH saja sek Frambozen. Nek bisa ya ditambahi kolang-kaling ato ager-ager gitu. Ben makin mak legender.” Bak komandan, ya saya kudu memberikan instruksi yang pas untuk anak buah saya. Tentu saja untuk alasan lebih mat dan trep jadinya.

“Siap Ndoro! Sendiko dawuh. Nanti saya siapkan pesanan Ndoro. Kawulo ngaturaken sugeng makaryo..” Mister Wasis mengangsurkan tas ketika saya masuk ke Commando.

Saya baru mau menyetir Commando menuju kampus. Mak jejagik ketemu dengan jam macetnya jam berangkat ngantor persis di depan rumah. Horotoyoh.. Bener juga analisa Mister Wasis. Jogja makin padat kendaraan. Nek bisa naik kereta monorail gitu sepertinya mat juga. Sama matnya ketika dulu jaman saya masih kecil merasakan naik kereta kluthuk dari Stasiun Ngabean sampai Stasiun Palbapang bareng Bapak. Menikmati sembribit angin dari cendela. Hoyak-hayik seirama deru mesin lokomotif. Jes..jes..jes.. tuit..tuiiiittt…

Catatan kaki : cerita ini terinspirasi dari tulisan di Facebooknya mbak @Savrinasastro