Tags

, , , ,

Habis Subuhan biasanya saya melihat Mister Wasis sudah sigap cak cek nyapu latar atau  nyiram pohon di halaman. Ya minimal-minimalnya baru bantu-bantu Nyai Wasis bikin sarapan. Tapi tumben pagi ini kok malah ndomblong.

“Weiss.. tumben ndomblong. Ndak bantu-bantu bojomu di dapur po?

“Saya habis ngimpi Ndoro.. Ngeri je.. masih kaget ati saya..” Memang masih pucat wajah Mister Wasis pagi itu. Saya kira tadinya habis diweruhi tokek. Memang Mister Wasis ini jirihnya cuma sama tokek.

“Heloh.. ngimpi opo je. Kok nganti koyo kesambet setan ?”

“Ha memang ngimpi disambet setan je Ndoro..” Jawaban Mister Wasis ini bikin bulu kuduk saya berdiri. Hajirut!!

“Heh.. ojo aeng-aeng loh kowe. Bener-bener kesambet lak saya yang susah. Kudu manggil mbah Subur kesini. Kowe mau po di cencang trus disembur sama mbah Subur ?” Saya sudah ambil ancang-ancang mau nyembur Mister Wasis pakai air teh anget yang kebetulan baru saya pegang.

Saestu ini Ndoro… Saya ketemu setan semalam.. Si mimpi dink maksudnya.”

“La setan kie ngopo nang mimpimu ?”

“Ceritanya saya kan lagi leyeh-leyeh di lincak depan situ. Surup-surup gitu.. eh didatengi setan. Badannya besar, merah, rambut e riyap-riyap ada sungunya.. Siungnya mencungul sithik. Wis pokok e medeni Ndoro. Tapi tampangnya kuyu.. kesel.. kumel..”

“Tadinya saya takut.. la kok jebul setannya malah njejeri saya. Meh semaput rasane Ndoro. Hampir kepoyoh-poyoh. Udah meh semaput gitu.. lah malah dirangkul sisan.. waaaa…. lah njuk Setannya malah nangis…”

“Si Setan wadul ke saya.. Sis.. iki konco-koncomu menungso kie piye toh ? Kok tegel-tegel e ngambil kerjaan saya, penghidupan saya, makanan saya, minuman saya. Saya kie njuk kon kepiye ? Padahal umur saya masih lama. Sampe akhir zaman. Ngelih saya Sis.. urip saya jadi ngelanguuuuttt…

“Saya lak bingung toh Ndoro. Ujug-ujug kok disambati Setan.” “Sek..sek.. aku kie kok malah mbok sambati toh ? Maksudmu kie piye Tan.. ?” “Saya njawabnya pake gemeter Ndoro.. Karo setan je.. Mungsuhnya menungso sampe kiamat toh ?”

Ngene loh Sis.. Kerjaanku itu kan menghasut manusia supaya berbuat jahat. La manusia sekarang ndak usah tak hasut saja sudah berbuat jahat ke sesamanya. Sudah gitu nek ketangkep saya sek disalahke. Ini semua karena hasutan setan!! Padahal memang dianya yang salah. Malah nyalahke saya. Piye kuwi Sis ? Lak sontoloyo tenan toh ?

“Sudah gitu makanan saya juga dirampok manusia. Bayangke, sekarang menu makanan manusia itu banyak yang serba setan. Sambel Setan, Oseng-oseng setan, Gado-gado setan.. Semua yang serba setan disikat sama manusia. Rakus tenan sih konco-koncomu itu  Sis.. Padahal makanan yang baik-baik juga masih banyak.”

“Terus adalagi.. Minuman setan juga larisnya ndak kalah sama kacang goreng. Manusia nek ndak tripping sambil minum air setan katanya ndak asoy. La trus saya harus minum apa Siiisss.. ? Lak ini ndak adil toh ? Saya dikasih umur panjang biar bisa menggoda manusia, la manusia ga usah digoda saja udah kejlungup. Mata pencaharian saya ilang Ssiiisss..”

“La terus gunanya kamu wadul ke saya itu apa?”

“Ha mbok kamu bilang sama teman-temanmu manusia. Mbok jangan kebangeten nek nyetan itu. Sak madya saja. Sek sedeng-sedeng saja. Nek perlu perbanyak ibadah. Biar saya ada kerjaan juga. Bagi-bagi rejeki lah ya.. Jangan semua dipek manusia semua. Nanti saya kudu ngomong apa kalo pas di pengadilan akhirat ?”

Nek saya ndak mau piye ?” “Saya sok-sokan gitu sama Setan, Ndoro… Rodo kewanen sih…”

“Ha ya tak sambet kowe. Tak ceples sithik lak wis kiyeng-kiyeng kowe. OK Sis ? Kandani koncomu sak akeh-akeh e ya. Mbangange tak ceples kowe mengko. Nuwun ya Sis.”

Njuk mak blusss… si Setan itu ilang Ndoro.. tinggal kebul. Seperti di film-film Jin itu Ndoro…”

Saya cuma bisa mlongo. Ha kok bener semua sek diomongke Mister Wasis ini. Duh.. cilaka ini.. saya kudu ngurangi maem maeman e setan ini.

“Sis.. omongke bojomu, mulai sekarang sambelnya dikurangi dulu. Saya ndak mau rebutan maeman setan..” Bisik saya

“Njih Ndoro.. saya juga baru kapok..”

“Kapok setan yo ceritane..”

“Ho oh Ndoro.. Mbangane di ceplas setan ya ?”

Jadilah pagi itu saya sarapan dengan tempe garit dan tahu goreng tanpa sambel. Cukup dengan kecap saja. Mbangane diprimpeni Setan.. trus diceples mbun-mbunan saya.. Lak ciloko…