4406-002.jpg

Matahari barusan keluar. Semburatnya masih nampak merah di ufuk timur.

Baru nyopot sarung pasca sholat Subuh. Masih rodo ngantuk meski air wudhu sudah membasahi muka. La wong kebutuhan tidur 8 jam saya dikorting menjadi 6 jam gara-gara harus ngetik skripsi (saya termasuk orang yang tetep berkeras bahwa tidur sebaiknya 8 jam walaupun usia sudah kur-kuran dan tidak menjadi 7 atau 6). Setep-setep di ujung mata saya masih nggandul sithik. Jigong juga belum disikat. Masih aras-arasen walau jam sudah menunjukkan pukul 5.30 pagi.

Proses bengong mencari ilham koyo pandito nyepi di pucuking gunung ngisor wit ini berjalan hampir 1 jam. Kemudian masih dengan langkah gontai, tak seret sikil ini ke bawah. Eh, ada bal-balan di tipi bagong. Duduk di singgasana depan tipi bagong, kaki diangkat metingkring koyo nang angkringan. Dus… posisi enak dan nyaman di pagi hari. Mlethas dilit kebelakang ambil teh anget yang masih ngepul. Nyem..nyemm..slupurrttt.. jigong + teh hangat ternyata membawa sensasi khusus di pagi hari.

Masih bengong nonton 22 orang oyak-oyakan di lapangan ijo mencari 1 bola. oper sana-oper sini. Belum gablek juga kesebelasan mana ini yang maen. Sek penting ono tontonan sek. Biar membangkitkan proses penyadaran diri. Tiba-tiba bapak masuk ruangan. mak bleg.. naro koran trus dibentangkan. Sebentar kemudian komat-kamit berkonsentrasi bak raja dapet ilham.

“Le, udah baca koran pagi ini belom ?”

“La kan baru bapak baca toh, baru dateng pula, kapan le sempet moco ?”

“Oh iyo dink.. edan kie, mosok EU melarang pesawat Indonesia terbang di negorone”

“La knapa je kok ndak boleh sama EU, eh.. EU kie apa toh ? Tonggone NU po o ?”

“E alah.. bocah kok ndak gaul toh kamu. Tatanan dunia baru kok ndak gableg ? Jiaan.. piye mau neruske kerajaan monarki bisnis e bapak nek ndak gaul gitu. EU kie eropah kae loh. Sek isine londo-londo kae. Uni Eropa. Ngerti toh kamu ?”

“Oh iya, balik ke larangan terbang pesawat Indonesia di EU. Katanya koran ini, penerbangan Indonesia membahayakan keselamatan. Lebih mendebarkan daripada naek jet koster di Dunia Fantasi Ancol. Lebih ngeri daripada banji njamping

“La efeknya njuk apa toh Pak ? Kan emang penerbangan Indonesia emang gak ada yang ke eropah. Wong terakhir aja ke Amsterdam sudah ditutup kok 2 tahun yang lalu. Njuk ngapain ?”

“Woooo… efeknya ya gak cuma itu noh le. Kalo penerbangan Indonesia dilarang terbang, berarti kan itu himbauan ke masyarakatnya untuk tidak pergi menggunakan pesawat Indonesia, walaupun di Indonesia loh le. Artinya kan sama aja nek ngomong ngalus, wahai masyarakatku, jangan ke Indonesia dulu yoh. Ndak aman gitu lowh !”

“Ealah.. pak.. mosok yo sampe segitu banget toh efeknya. Brati podo mbek travel warning noh. Wooo.. Masalah serius nih.. Serius banget..”

Mak jegagig, saya langsung sadar. Butuh berita besar untuk menyadarkan saya. Dan ndak boleh maburnya pesawat Indonesia ini adalah salah satu berita besar. Langsung mlethas lagi ke atas. Nyalakan komputer butut tercinta saya dan berusaha mencari informasi tentang gagal maburnya gatotkaca wesi Indonesia ini. Dan jebul benar, komisi keselamatan EU secara tegas menyatakan bahwa ndak boleh terbang ya wahai londo-londo pake pesawat Indonesia. Woooo.. la njuk meneer-meneer ini suruh naek apa kalo mau nyebrang ke Bali, apa ke Sulawesi. Opo kon naek getheg gede ? Trus kalo mereka mo plesir-plesir antar kota, opo kon yo naek delman ala meneer Daendels dulu ? Wah.. setuju jane. Yahud bener kalo gitu. Udara kita bisa nyicil seger. La tapi nek naeknya mobil gede berpenumpang 45 orang dengan AC di dalem e tapi nyemprot kebul ala cumi-cumi di sepanjang jalan e, la yo ciloko toh yo. Malah dadi soyo reged ik. Waaaaaaaa….

Dan yang makin memumetkan adalah saya skarang metangkring dan makaryo di kantor tours and travel bapak. Kerajaan Monarki Imperium tempat keluarga kami memenuhi periuk nasi. Dengan adanya berita ini, terbayang tumpukan kertas-kertas yang bakalan saya gambari dan tulisi dengan mangsi merah besar “CANCEL”. Wah.. padahal skarang saatnya panen buat travel agent dengan spesialisasi tamu meneer-meneer eropah ini. Ealah.. kok malah ada berita ini. Semoga ndak jadi paceklik nggih pak…